Kamis, 14 Februari 2013

Tingkatan Pramuka


Hai scouter mania,,, maaf ni udah lama nggak active blog akhir akhir ini. Maaf banget ya sekali lagi saya hanturkan, ini dikarenakan akhir akhir ini kami pada sibuk latihan untuk lomba yang akan segera kami ikuti,, so, nggak apa apa kan?? Oke, gimana kabar nya para scouter mania, smoga baik aja ya,,

Nah kali ini materi yang akan saya sampaikan adalah TINGKATAN PRAMUKA. Sebelumnya sih udah saya berikan materinya, tapi kali ini saya akan memberikan lagi karena ini pengetahuan dasar pramuka yang tergolong penting loh, oleh karena itu, saya memberikan lagi supaya scout mania biar tau dan gak lupaa lupa, oke?? But, before I tell it, saya mau Tanya dulu. Ada yang tau gak sih, tingkatan apa aja yang ada di pramuka??

Yap, pasti semua pada tau kan, iya bener banget, pramuka siaga, penggalang, dan penegak….. Oke kalau udah tau, kita lanjut aja ke materi inti yaitu arti kiasan dari tingkatan pramuka di atas. ARE YOU READY??

Pramuka yang berusia 7-10 tahun atau sekitar SD kelas 1-5 disebut pramuka SIAGA. Istilah SIAGA diambil dari kata “masa men-SIAGAKAN masyarakat untuk berjuang melawan pennjajahan.” Masa ini ditandai dengan berdirinya Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908 yang kemudian diperingati sebagai HARI KEBENGKITAN NASIONAL.

Tingkatan pada pramuka Siaga yaitu, Siaga Mula, Siaga Bantu dan Siaga Tata. Berikut adalah arti kiasan dari masing masing tingkata tersebut. Bangsa Indonesia MULAi melaksanakan pembangunan yang membutuhkan BANTUan kesadaran tinggi seluruh rakyat untuk menciptakan TATA kehidupan yang baik.

Nah, kalau Pramuka yang berusia 11-15 tahun, atau setara dengan kelas 5-6 SD sampai kelas 7-9 SMP disebut sebagai pramuka PENGGALANG. Istilah PENGGALANG diambil dari masa PENGGALANGan persatuan dan kesatuan pemuda sebagai buah hasil dari munculnya Budi Utomo yang kemudian dilanjutkan dengan diadakan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.


Tingkatan pada pramuka Penggalang terbagi menjadi : Penggalang Ramu, Penggalang Rakit dan Penggalang Terap. Berikut adalah arti kiasan dari masing masing tingkatan “ Bangsa kita mencari RAMUan atau bahan bahan, kemudian diRAKIT ataau disusun, dan akhirnya kita TERAPkan dalam pembangunan bangsa dan Negara”.

Terus… kalau Pramuka yang berusia 16-20 tahun itu namanya pramuka PENEGAK. Istilah kata PENEGAK diambil dari kata “masa meNEGAKkan Negara kesatuan Republik Indonesia yang ditandai dengan hari Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945”. Pada masa itu, bangsa Indonesia telah tegak berdiri di bumi pertiwi sendiri tanpa penjajahan.

Tingkatan pada pramuka Penegak Bantara dan Penegak Laksana. Berikut adalh arti kiasan dari masing masing tingkatan. Dalam pembangunan, kita memerlukan BANTARA-BANTARA atau kader yang sanggup meLAKSANAkan pembangunan.


Yang terakhir, Pramuka yang berusia 21 sampai 25 tahun dinamakan Pramuka PANDEGA. Untuk golongan pramuka Pandega hanya terdiri dari satu tingkatan saja.


Heeee, masih ada lagi loh. Kakak kakak yang membimbing pramuka itu disebut PEMBINA. Pengurus Kwartir disebut ANDALAN. Berikut arti kiasan yang terdapat pada PANDEGA, PEMBINA, dan ANDALAN. Lihat terus yaaa,, awas jangan sampe terlewat,,,

Upaya mengisi kemerdekaan merupakan tugas berikutnya dari bangsa Indonesia, mampu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pelaksanaan pembangunuan nasional, membutuhkan pemimpin pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab untuk meMANDEGAni pelaksanaan pembangunan nasional serta dibutuhkannya masyarakat yang mempunyai ketangguhan dan ketahanan yang dinamis, sehingga mampu diANDALkan dalam rangka memBINA pembangunan kita. 

Tidak ada komentar: